Niat Sholat Tarawih Berjamaah/Sendiri Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Niat Sholat Tarawih Berjamaah/Sendiri Lengkap - Update artikel terbaru kali ini ShareNetizen.com akan mengulas tentang bacaan niat sholat tarawih berjamaah/sendiri, doa niat sholat tarawih berjamaah/munfarid/sendirian, lafadz niat sholat sunnah tarawih secara berjamaah/sendirian. Sholat Tarawih/Taraweh/Tarwih adalah sholat sunnah yang dikerjakan hanya di bulan ramadhan saja. Sholat tarawih pada umumnya dikerjakan secara berjamaah di masjid. Meskipun demikian, sholat tarawih juga bisa dikerjakan secara sendirian/munfarid. Lalu bagaimana bacaan niat sholat tarawih secara berjamaah dan sendirian ?.

Di Indonesia sholat tarawih dikerjakan dengan jumlah rokaat yang berbeda-beda di tiap-tiap daerah. Ada yang mengerjakan sholat tarawih 11 rakaat (8 rakaat tarawih dan 3 rakaat witir) dan juga ada yang 23 rakaat (20 rakaat tarawih dan 3 rakaat witir). Namun terdapat sebuah fakta yg menarik jika Rasulullah SAW cuma pernah mengerjakan shalat sunah tarawih ini secara berjamaah hanya 3 kali saja, dan dimalam selanjutnya Beliau tidak mengerjakan shalat tersebut secara berjamaah lagi. Hal tersebut dimaksudkan karena Rasulullah SAW takut hal tersebut menjadi sebuah kewajiban bagi umatnya.

Untuk jumlah rakaat shalat tarawih sendiri pada saat zaman Rasulullah SAW hanya dikerjakan sebanyak tiga ataupun empat kali saja, tanpa adanya keterangan yg menyebutkan mengenai jumlah rakaatnya. Namun ketika pada saat zaman khalifah Umar barulah shalat sunah tarawih ini dikerjakan kembali secara berjamaah, dan jumlah rakaatnya sendiri adalah 20 rakaat kemudian dilanjutkan mengerjakan shalat witir sebanyak 3 rakaat. Sedangkan pada masa Umar bin Abdul Aziz menjadi khalifah yang berasal dari Bani Umayyah di Damaskus ini mengerjakan shalat tarawih sebanyak 36 rakaat, serta Ibnu Taimiyah mengerjakan sebanyak 40 rakaat.

Adapun yang pertama kali mengerjakan shalat tarawih sebanyak 8 atau 11 rakaat ialah Ash Shan’ani, Al Mubarakfury, serta Al Albani. Dan didalam pengerjaan shalat tarawih itu sendiri kita harus membaca niat shalat tarawih terlebih dahulu seperti ketika kita akan mengerjakan shalat-shalat pada umumnya yang di niatkan karena Allah Ta’ala semata-mata dgn hati yg ikhlas serta hanya mengharapkan ridhoNya. Bagi anda yang belum tahu bacaan niat sholat tarawih, berikut ini bacaan niat sholat tarawih lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya:

Bacaan Niat Sholat Tarawih Lengkap


Bacaan Niat Sholat Tarawih
Bacaan Niat Sholat Tarawih (Klik gambar untuk memperbesar)
Baca juga:
Bacaan Niat Sholat Witir 1 atau 3 Rakaat Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Demikianlah ulasan lengkap tentang bacaan niat sholat tarawih lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat.

Tags:
bacaan niat sholat tarawih berjamaah/sendiri, doa niat sholat tarawih berjamaah/munfarid/sendirian, lafadz niat sholat sunnah tarawih secara berjamaah/sendirian, bacaan niat sholat tarawih 11/23 rakaat