Bacaan Niat Sholat Witir 1 atau 3 Rakaat Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Niat Sholat Witir 1 atau 3 Rakaat Lengkap - Update artikel terbaru kali ini ShareNetizen.com akan share tentang bacaan niat sholat witir lengkap, lafadz doa niat sholat witir, bacaan niat sholat witir 1 dan 3 rakaat, waktu shalat witir. Sholat witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah sholat isya dengan jumlah rakaat yang ganjil. Witir sendiri berarti ganjil atau tidak genap. Jadi sholat witir dikrjakan dengan jumlah rakaat yang ganjil yaitu 1, 3, 5, 7, 9 atau 11 rakaat dalam 1 malam. Sebelum dibahas bacaan niat sholat witir, simak terlebih dahulu kapan waktu sholat witir dilakukan dan bagaimana cara menjalankan sholat witir yang benar berikut ini.

Waktu Sholat Witir


Waktu sholat witir adalah malam hari setelah sholat isya atau setelah sholat tahajud. Sesuai anjuran nabi sebaiknya witir dilakukan setelah sholat isya’ dan jika khawatir tidak bisa bangun pada tengah malam, tapi jika dipastikan akan bangun malam, maka sebaiknya dilakukan setelah shalat tahajud sebagai penutup sholat malam dan merupakan waktu paling utama. Di bulan ramadhan sholat witir dilaksanakan setelah sholat tarawih dan biasanya dilakukan dengan jumlah 3 rakaat dengan 2 rakaat dan 1 rakaat salam.

Solat ini bisa dilakukan paling sedikit satu raka’at maksimal 11 raka’at dan hanya dilakukan 1 kali dalam satu malam. Contoh jika setelah isya’ telah melaksanakan, karena khawatir tidak bisa bangun malam, namun pada tengah malam terbangun dan melaksanakan shalat tahajud maka tidak perlu melakukannya lagi. Hal itu sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan bahwa witir hanya boleh dilakukan sekali dalam satu malam.

Cara Menjalankan Sholat Witir yang Benar


Setelah tahu kapan waktu menjalankan sholat witir, kini perlu diketahui bagaimana cara menjalankan sholat witir yang benar. Sesuai namanya, witir artinya ganjil, jadi sholat witir dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil 1 atau 3 rakaat. Dan pada umumnya dibulan ramadhan sholat witir dikerjakan 3 rakaat dengan rincian 2 rakaat salam dan 1 rakaat salam. Jadi Jika dikerjakan dalam 3 rakaat atau lebih, sholat witir dapat dilakukan masing-masing 2 rakaat dengan 1 salam dan diakhiri 1 rakaat dengan 1 salam. Artinya jika Anda mengerjakan 3 rakaat, maka Anda harus melakukan 2 salam, 2 rakaat pertama 1 salam dan 1 rakaat terakhir 1salam, begitu seterusnya.

Perlu anda ketahui bahwa tidak ada hukum yang menjelaskan tentang pelaksanaan shalat witir dalam 3 rakaat sekaligus (1 kali salam). Jika ingin melaksanakan sholat sunah ini dalam 3 rakaat, kita harus membaginya dalam 2 salam, yaitu 2 rakaat pertama 1 salam dengan membaca niat sholat witir 2 rakaat dan 1 rakaat terakhir 1 salam dengan membaca niat sholat witir 1 rakaat. Demikian hukumnya. Jika ada yang menciptakan atau mengajarkan niat sholat witir 3 rakaat sekaligus, hal ini tentu dipertanyakan karena Rasululloh tidak memberi contoh yang demikian.

Bacaan Niat Sholat Witir Lengkap


Berikut ini bacaan niat sholat witir 3 rakaat yang terdiri dari 2 rakaat dan 1 rakaat:

Bacaan niat sholat witir 2 rakaat pertama:
اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLI SUNNATAL WITRI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA'AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALA
Artinya :
Saya niat sholat witir dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Bacaan niat sholat witir 1 rakaat terakhir:

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 
USHOLLI SUNNATAL WITRI RAK'ATAN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA'AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALA
Artinya :
Saya niat sholat witir satu raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Baca juga:
Niat Sholat Tarawih Berjamaah/Sendiri Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Surat Sholat Witir 3 Rakaat


Bacaan surah atau surat sholat witir 3 rakaat adalah untuk 2 rakaat pertama bisa membaca suratan bebas sedangkan 1 rakaat terakhir surah yang wajib dibaca adalah Alfatihah kemudian 3 surat Qulhu yaitu Surat An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas.

Demikianlah ulasan lengkap tentang sholat witir yang meliputi kapan waktu sholat witir, bagaimana menjalankan sholat witir yang benar dan bacaan niat sholat witir. Semoga bermanfaat.

Tags:
bacaan niat sholat witir lengkap, lafadz doa niat sholat witir, bacaan niat sholat witir 1 dan 3 rakaat, waktu shalat witir, sholat witir sebelum tidur, manfaat sholat witir, cara menjalankan sholat witir yang benar, bacaan surah sholat witir 3 rakaat