Inilah Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan (Marhaban Ya Ramadhan) Lengkap, Tulisan Latin dan Artinya

Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan (Marhaban Ya Ramadhan) - Sebentar lagi bulan puasa ramadhan datang, mari kita sambut bulan ramadhan dengan rasa syukur. Bersyukur karena kita masih bisa menemui bulan puasa ramadhan yang penuh berkah. Selain mengucapkan rasa syukur, marilah kita sambut bulan ramadhan dengan penuh kegembiraan dan suka cita sebagaimana yang dilakukan oleh nabi dan sahabat-sahabatnya. Lalu apa doa menyambut bulan puasa ramadhan itu ?

Marhaban Ya Ramadhan

Doa menyambut bulan puasa ramadhan berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW. Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan satu riwayat yang menunjukkan semangat mereka dalam menyambut ramadhan. Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu’alla bin Al-Fadhl – ulama tabi’ tabiin – yang mengatakan,
كانوا يدعون الله تعالى ستة أشهر أن يبلغهم رمضان يدعونه ستة أشهر أن يتقبل منهم
Artinya:
“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Kemudian Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan salah satu contoh doa yang mereka lantunkan. Diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir – seorang ulama tabi’in –, bahwa beliau mengatakan,

Diantara doa sebagian sahabat ketika datang Ramadhan adalah sbb:
اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً
Artinya:
“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Ada juga doa menyambut bulan puasa ramadhan seperti berikut:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ
Artinya:
“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan”. (HR. Ahmad : 2346 dan 2387)

Demikianlah ulasan lengkap tentang doa menyambut bulan puasa ramadhan lengkap dengan tulisan latin dan artinya. Dalam menyambut bulan ramadhan, marilah kita berdoa seperti diatas, semoga amal ibadah kita dterima Allah SWT dibulan ramadhan. Amin.

Tags:
doa sambut bulan ramadhan, doa menyambut bulan puasa ramadhan