Bulan Rajab Baik Untuk Menikah, Benarkah ? Inilah Bulan Yang Baik/Tepat Untuk Menikah Menurut Islam

Bulan Rajab Baik Untuk Menikah, Benarkah ? Inilah Bulan Yang Baik/Tepat Untuk Menikah Menurut Islam - Update artikel terbaru kali ini ShareNetizen.com akan share tentang apakah bulan rajab baik untuk menikah, bulan yang baik untuk menikah menurut islam, kapan bulan yang baik/tepat/cocok untuk menikah. Menikah adalah salah satu kebutuhan manusia sehingga nantinya bisa menghasilkan keturunan dalam berumah tangga. Melangsung pernikahan memang bukanlah hal sepele karena hars melalui proses pernikahan seperti ijab qobul. Menentukan bulan, tanggal dan hari pernikahan juga tidak boleh sembarangan, karena itu diperlukan musyawarah antara pihak mempelai pria dan wanita. Lalu apakah bulan rajab baik untuk menikah ?

bulan yang baik untuk menikah
bulan yang baik untuk menikah

Sebenarnya semua bulan dalam islam itu baik, baik itu bulan rajab, ramadhan, syawal dan bulan-bulan lainnya. Namun demikian masih ada saja sebagian masyarakat yang menjauhi bulan-bulan yang dianggap tidak baik atau bisa membawa sial, misalnya seperti bulan Muharram atau dalam bahasa jawanya bulan Sura. Anggapan seperti itu sebaiknya dijauhi atau dihilangkan, karena bulan Muharram itu juga bulan yang baik. Namun sebagian masyarakat jarang melangsungkan pernikahan pada bulan Muharram karena memang bagi mereka bulan Muharram/Sura tidak tepat untuk melakukan pernikahan karena bulan Muharam adalah bulan keprihatinan umat islam dimana umat islam harus menjauhi yang namanya pesta/hura-hura dan disunnahkan untuk puasa bulan Muharram.

Bulan Rajab baik dan tepat untuk menikah itu karena sebagian masyarakat kita memang banyak yang melangsungkan pernikahan dibulan rajab. Selain itu bulan rajab, ada juga bulan ramadhan dan bulan syawal yang baik/cocok untuk menikah. Hal itu berdasarkan hadis nabi yang bunyinya sebagai berikut:

“Rasulullah SAW menikahiku pada bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?” Salah seorang perawi mengatakan, “Aisyah menyukai jikalau suami melakukan malam pertama di bulan Syawal.” (HR. Muslim, An-Nasa’i, dan yang lain)

Berdasarkan hadis diatas maka jangan heran jika setelah Hari Raya Idul Fitri pasti akan ada banyak orang yang hajatan, baik itu khitanan ataupun pernikahan. Namun kebanyakan adalah melangsungkan pernikahan dibulan syawal. Untuk bulan rajab sendiri belum ada hadis tentang hal itu, itu lebih berdasarkan pada kemuliaan bulan rajab dengan adanya Isra Miraj dan sebagian besar juga banyak yang menentukan hari pernikahan dibulan rajab. Selain melihat bulan mana yang cocok untuk menikah, sebagian masyarakat terutama masyarakat jawa juga melihat berdasarkan tanggal lahir dan weton kedua mempelai. Ini juga boleh asalkan tujuan akhirnya hanyalah berihtiar pada Allah bukan menyembah selain Allah, karena itu bisa musyrik.

Baca Juga:
HEBOH...Inilah Video Detik-Detik Qori Meninggal Dunia Saat Baca Ayat Suci Al-Quran

Dari ulasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa bulan rajab memang baik untuk menikah selain itu ada juga bulan Syawal yang sangat baik dan cocok untuk hari pernikahan. Jadi bulan yang baik/tepat/cocok untuk menikah menurut islam adalah bulan Rajab dan bulan Syawal. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda terutama yang mau menikah.

Tags:
apakah bulan rajab baik untuk menikah, bulan yang baik untuk menikah menurut islam, kapan bulan yang baik/tepat/cocok untuk menikah, bulan/hari yang baik untuk menikah