Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Lengkap - Update artikel terbaru kali ini ShareNetizen.com akan mengulas tentang apa doa niat puasa ramadhan, bacaan niat puasa ramadhan lengkap. Puasa ramadhan adalah kewajiban bagi orang-orang beriman untuk melakukannya di bulan ramadhan. Sebelum puasa seseorang harus membaca bacaan niat puasa ramadhan. Puasa wajib dilakukan oleh orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh dan berakal. Puasa ramadhan adalah salah satu rukun islam yang ketiga.

Lafadz Bacaan Niat Puasa Ramadhan
Lafadz Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Tujuan puasa sendiri adalah agar kita bertaqwa kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat ke 183 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa".

Niat puasa ramadhan bisa dilakukan sebelum makan sahur, namun di masyarakat kita bacan niat puasa ramadhan biasanya dilakukan setelah sholat tarawih dan sholat witir pada malam harinya. Berikut ini bacaan niat puas ramadhan dan artinya:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA
Artinya:
Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Itulah lafadz bacaan niat puasa ramadhan dan artinya. Silahkan bisa anda hafalkan. Bacaan niat puasa ramadhan diatas bisa anda lakukan sebelum makan sahur, atau bisa anda lakukan pada malam hari setelah sholat tarawih dan witir. Hal ini biasanya dilakukan di kampung-kampung dimana setelah sholat tarawih dan witir, maka membaca niat puasa ramdhan secara berjamaah bersama-sama untuk esok harinya, biasanya dibaca dalam bahasa arab dan artinya sesuai dengan bahasa daerahnya.

Mungkin ada yang bertanya, bacaan niat puasa ramadhan itu dibaca sekali untuk sebulan penuh atau dibaca setiap malam sebelum berpuasa ?. Anda bisa membaca doa niat puasa ramadhan setiap malam saat sahur dan juga boleh dibaca sekali saat sholat tarawih pertama atau saat makan sahur pertama. Mengenai niat puasa ramadhan sebulan penuh, Syaikhul Islam pernah ditanya "Bagaimana penjelasan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tentang niat puasa Ramadhan; apakah kita harus berniat setiap hari atau tidak?"

Jawaban beliau:

كُلُّ مَنْ عَلِمَ أَنَّ غَدًا مِنْ رَمَضَانَ وَهُوَ يُرِيدُ صَوْمَهُ فَقَدْ نَوَى صَوْمَهُ سَوَاءٌ تَلَفَّظَ بِالنِّيَّةِ أَوْ لَمْ يَتَلَفَّظْ . وَهَذَا فِعْلُ عَامَّةِ الْمُسْلِمِينَ كُلُّهُمْ يَنْوِي الصِّيَامَ
Artinya:
“Setiap orang yang tahu bahwa esok hari adalah Ramadhan dan dia ingin berpuasa, maka secara otomatis dia telah berniat berpuasa. Baik dia lafalkan niatnya maupun tidak ia ucapkan. Ini adalah perbuatan kaum muslimin secara umum; setiap muslim berniat untuk berpuasa.” (Majmu’ Fatawa, 6:79)

Demikianlah ulasan lengkap tentang bacaan niat puasa ramadhan lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tags:
doa niat puasa ramadhan, bacaan niat puasa ramadhan lengkap dengan artinya